Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menpora Amali Apresiasi Ketum PBWI Airlangga Hartarto Terus Lakukan Pembinaan Atlet Wushu Junior

Selasa, 22 Juni 2021 | Juni 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-22T06:51:08Z

 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali (Foto: Ist)


Jakarta, Detakterkini.comMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), Airlangga Hartarto atas upayanya yang terus menerus melakukan pembinaan terhadap atlet junior wushu di tanah air.





Hal tersebut disampaikan Menpora Amali dalam sambutannya saat membuka secara resmi “Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021” secara virtual, di SitRoom, gedung Kemenpora, Sabtu (19/6) malam. Acara Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 Tahun 2021 ini digelar di Yogyakarta mulai 19-26 Juni 2021.





“Saya berterima kasih dan apresiasi dari upaya-upaya Ketua Umum PB Wushu (Airlangga Hartarto) dan seluruh pengurus untuk tidak henti-hentinya, terus fokus terhadap pembinaan atlet-atlet junior,” kata Menpora Amali, dikutip melalui siaran pers pada Senin (21/06/2021).





Dengan banyaknnya event internasional dan kejuaraan dunia yang akan diikuti cabang olahraga wushu ke depan, Menpora Amali berharap sirkuit nasional ini menjadi ajang untuk untuk mencari talenta-talenta muda yang dipersiapkan untuk mengikuti event tersebut.





“Ke depan kita akan ada event yang kita ikuti, khususnya kejuaraan dunia junior. Maka, sirkuit nasional wushu ke-2 tahun 2021 ini, saya setuju ini dijadikan tempat untuk memilih calon-calon atau talenta-talenta atlet junior kita. Dengan demikian, secara berkesinambungan kalau atlet-atlet senior sudah segera berakhir. Maka, tentu atlet-atlet junior menjadi pelapis yang bisa kita harapkan beberapa tahun ke depan,” harapnya.





Selain itu, Menpora Amali juga mendorong Ketua Umum Wushu dan Pengurus agar mendorong Internasional Federation Wushu sehingga wushu dapat dipertandingkan di olimpiade. Sebab berdasarkan data saat ini, wushu sudah ada di 152 negara dan 5 benua.





“Sementara persyaratan dari IOC (Komite Olimpiade Internasional) minimal ada di 75 negara. Jadi ini sudah melampaui bahkan sudah 200 persen dari persyaratan IOC itu,” katanya.





Namun demikian, Menpora Amali mengingatkan bahwa butuh dukungan dan kerja keras dari agar hal tersebut dapat terwujud dan dipertandingkan di olimpiade.




“Saya mohon kepada ketua umum untuk mendorong terus supaya IF (Internasional Federation) Wushu mendorong bagaimana wushu sudah bisa dipertandingkan pada olimpiade-olimpiade yang akan datang. Minimal dalam uji coba dan saya setuju kita persiapkan untuk 2032 wushu sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan,” harapnya.

×
Berita Terbaru Update