Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Gubernur Jambi mendorong Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional

FEC Media
Jumat, 04 Februari 2022, Februari 04, 2022 WIB

 

Gubernur Jambi Al Haris mengunjungi Museum Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM. Gubernur Jambi mendorong Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional.




Jambi, Detakterkini.com - Gubernur Jambi Al Haris mendorong Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional karena memiliki nilai lebih sebagai suatu warisan geologi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan penelitian dan pendidikan kebumian.


"Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) bertujuan untuk melindungi dan melestarikan nilai Warisan Geologi (Geoheritage) sebagai rekaman sejarah. Geologi yang pernah atau sedang terjadi dan sebagai objek penelitian, pendidikan, kebumian dan geowisata," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Kamis. Dikutip ANTARA


Ia menjelaskan wilayah di Provinsi Jambi memiliki sangat banyak sumber daya alam yang mengandung geologi vulkanik dan sebagainya sehingga menimbulkan biodiversity.




Pemerintah Provinsi Jambi membutuhkan sumber daya manusia berkualitas yang bisa turut serta mengembangkan potensi tersebut.


Menurut Al Haris Warisan Geologi atau Geoheritage adalah Keragaman Geologi yang memiliki nilai lebih sebagai suatu warisan karena menjadi rekaman yang pernah atau sedang terjadi di bumi karena nilai ilmiah-nya tinggi, langka, unik, dan indah, sehingga dapat memanfaatkannya untuk keperluan penelitian dan pendidikan kebumian.


Pemerintah Provinsi Jambi memberikan apresiasi kepada Badan Geologi Kementerian ESDM yang sudah meluncurkan Geosite Kerinci, karena Kerinci juga merupakan branding Provinsi Jambi untuk bidang pariwisata. Dimana di Kabupaten Kerinci juga terdapat wisata sejarah, wisata alam dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa menjadi prioritas yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai bagian dari wisata alam di Jambi.


"Perlu adanya kajian dari teman teman Badan Geologi agar kita bisa mengajukan Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional dan harapan kedepannya bisa masuk ke UNESCO Global," katanya.


Untuk mendukung hal tersebut Pemerintah Provinsi Jambi membuat langkah-langkah penyusunan Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional melalui anggaran yang merupakan faktor produksi.


Al Haris mengungkapkan, Badan Geologi sudah menyusun rencana untuk menetapkan dan mengusulkan destinasi wisata Kerinci baik itu Geosite, Geoheritage menjadi Geopark Nasional. Karena dengan segala keragaman-nya Kerinci sudah pentas menjadi Geopark Nasional.

Komentar

Tampilkan

  • Gubernur Jambi mendorong Geosite Kerinci menjadi Geopark Nasional
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed